Cara Mengukur Sport Damper Untuk Semua Jenis Mobil

Apa itu Sport Damper

Sport damper adalah peredam karet yang membantu suspensi mobil ketika melewati jalanan rusak sehingga lajunya tetap stabil. Belakangan ini, sport damper menjadi salah satu spare part yang sedang tren di pasar otomotif Indonesia. Banyak pemilik mobil yang memasang sport damper untuk menambah kenyamanan berkendara.

Seperti diketahui, jalanan di berbagai daerah masih banyak yang bergelombang dan rusak sehingga membuat guncangan berkendar. Oleh karenanya, tak heran jika minat terhadap sport damper semakin hari kian meninggi. Bukan sekedar tren oto belaka, faktanya sport damper memang mampu dan terbukti bisa membuat laju kendaraan semakin stabil saat melewati jalan rusak ataupun bergelombang.

Bentuk dan Karakter Sport Damper

Sport damper sendiri umumnya berbentuk ring besar yang terbuat dari karet khusus dengan kelenturan super. Sebagian orang menyebutnya pengganjal per karena peletakannya memang berada di tengah atau rongga per.

Ada banyak jenis sport damper yang beredar di pasaran, mulai dari yang super lentur hingga super keras. Itu semua memiliki kegunaan masing-masing. Namun, semuanya tetap memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda.

Misalnya sport damper Shield yang bentuknya melingkar menyerupai ring. Terdapat beberapa lubang untuk mengikat sport damper ke per menggunakan kabel ties. Karakter sport damper ini cukup elastis dan lembut sehingga cocok digunakan untuk mobil pribadi.

Cara Kerja Sport Damper

Memanfaatkan fleksibilitasnya, sport damper difungsikan untuk menahan kerja coilover yang reboundnya berlebih. Sederhananya, sport damper berfungsi untuk menahan atau meredam pergerakan suspensi mobil. Jadi, mobil tidak akan limbung atau berguncang lagi.

Secara mekanisme, suspensi mobil akan bekerja sesuai dengan laju dan medan yang dilalui. Semakin kencang laju mobil, maka mobil akan terasa melayang atau limbung. Begitupula ketika melewati jalan tak rata, maka tekanan per akan keras dan cepat sehingga membuat mobil seolah-olah lompat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sport damper yang terbuat dari karet bisa mereduksi atau meredam pergerakan dari per. Jadi, yang semula pernya bergerak cepat, bisa diminimalkan oleh karet penyangga ini.’

Manfaat dan Fungsi Sport Dumper

Biasanya, mobil berguncang atau goyang terjadi saat melewati jalanan rusak, bergelombang, bebatuan, polisi tidur, dan tikungan tajam. Bahayanya, ketika kestabilan tidak terkendali dan mobil semakin miring, maka meningkatkan risiko terguling. Terlebih lagi jika muatan mobil cukup berat, misalnya membawa beberapa penumpang.

Kemudian, ketika berkendara dengan kecepatan tinggi, suspensi mobil sangat terbantu dengan sport damper. Alhasil, laju mobil tidak limbung. Memang ada beberapa tipe mobil yang limbung jika dikendarai dengan laju kencang. Salah satu solusinya adalah menggunakan sport damper.

Tak hanya itu, sport damper juga mampu mengurangi bunyi pada mobil akibat goncangan keras. Misalnya saat tanpa sengaja roda mobil melewati jalan berlubang. Dengan sport damper, suspensi terlindungi dan tidak menimbulkan suara goncangan.

Lantas, yang tak kalah penting, sport damper juga mampu meminimalisir kerusakan pada tie rod, bushing, dan arm pada saat melalui kontur jalan yang rusak. Jadi, bisa disimpulkan jika alat yang sederhana ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk suspensi mobil.

Cara Mengukur Sport Damper dan Memasangnya

Setiap mobil tentu punya suspensi yang berbeda. Maka, sport damper pun demikian. Namun, tidak sulit mengukur sport damper yang cocok untuk mobil kita. Berikut alat yang perlu disiapkan beserta tahapannya.

Alat yang dibutuhkan:

  • Alat ukur bisa berupa penggaris, meteran atau alat ukur lainnya.
  • Gunting
  • Air (lebih baik diberi sedikit sabun)
  • Dongkrak

Cara mengukur dan memasang sport damper:

  • Pertama, pastikan mobil dalam keadaan kosong tanpa muatan atau penumpang.
  • Mobil harus berada pada posisi parkir, jangan didongkrak terlebih dahulu karena nanti bisa mengubah ukuran.
  • Kemudian ukur tinggi atau jarak rongga besi per (yang diukur adalah jarak dalam)
  • Setelah diketahui ukuran yang tepat, maka mobil bisa didongkrak untuk mulai memasang sport damper.
  • Semprot sport damper dengan air yang sudah disapkan, tujuannya agar licin dan mudah diselipkan dalam per.
  • Masukkan sport damper dari rongga paling bawah.
  • Kemudian, dorong atau putar sport damper ke atas hingga berada di tengah-tengah per.
  • Terakhir, masukkan tali/kabel ties ke lubang damper, rekatkan pada per. Eratkan kabel ties pada setiap lubang. Jangan lupa untuk menggunting ujung kabel ties.
  • Sport damper sudah terpasang dengan benar.

Ukuran Sport Damper untuk Semua Jenis Mobil

Untuk memudahkan, kali ini Durable Indonesia ingin memberikan ukuran untuk segala jenis mobil sehingga kita bisa menghemat waktu dengan tidak perlu mengukurnya secara manual lagi. Berikut tabelnya.

Dapat Dibeli Disini

Artikel lainya

artikle yang sejenis