5 Tips Mencegah Mobil Mogok Saat Jalan Banjir

Foto: Pixabay

Foto: Pixabay

Musim penghujan tiba, sejumlah jalur kendaraan pasti akan tergenang oleh air. Alhasil, lalu lintas menjadi terganggu sehingga menimbulkan kemacetan. Selain itu, musim hujan juga sering membuat dilema pengemudi karena rentan menyebabkan mogok, terlebih pada kendaraan roda empat.

Nah, untuk mencegah mobil mogok, ada baiknya kita memperhatikan beberapa tips berikut ini ketika berkendara di jalan yang tergenang oleh air hujan. Berikut diantaranya:

  1. Perhatikan Tinggi Air

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah ketinggian air. Ingat, semakin tinggi genangan air, maka semakin besar pula risikonya membuat mogok. Yang terpenting adalah jangan sampai air memasuki lubang udara. Alangkah baiknya bersabar dahulu, menunggu mobil lain lewat dan memastikan bahwa genangan air tidak terlalu tinggi.

  1. Laju Perlahan

Saat melaju di jalan yang banjir, alangkah baiknya kita bersabar dan tidak mendahului kendaraan lainnya. Sebab, kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi jalan yang sedang kita lewati. Jika jalanan tersebut ada lobang, maka bisa membahayakan. Selain itu, ketika kita berada di belakang mobil lain, sebetulnya kita sedikit terselamatkan karena mobil depan membelah air saat melaju.

  1. Jangan Melawan Arus

Ketika sedang melewati genangan air, usahakan untuk tidak melawan arus jika ada kesempatan. Sebab, mobil akan mengeluarkan tenaga berlebih untuk melawan derasnya aliran air. Jika jarak macet cukup panjang dengan genangan cukup tinggi, maka risiko mobil mogok akan lebih besar. Oleh karenanya, usahakan untuk melaju tanpa melawan arus jika memungkinkan.

  1. Jangan Menekan Kopling

Bagi mobil manual, jangan terlalu sering menekan kopling karena bisa memperbesar kemungkinan kopling terbakar dan menaikkan putaran mesin. Lebih baik biarkan plat kopling saling menempel erat dan melajukan mobil secara konstan saat menerjang banjir.

  1. Matikan Mesin Ketika Darurat

Ketika merasa ada tarikan mobil yang berubah disertai suara-suara mencurigakan, maka segera matikan mesin mobil. Itu tandanya mesin sudah kemasukan air. Jika dipaksa, maka akan merusak mobil. Jangan panik, tunggu beberapa saat, kemudian coba hidupkan mesin kembali.

Nah, itulah beberapa tips untuk mencegah mogok ketika menerjang banjir. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya di Durable.co.id

 

Artikel lainya

artikle yang sejenis